Home > Education, IPS (Social Studies), Jenjang Pendidikan, Pendidikan Tinggi > Konsep-Konsep IPS di Jenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi

Konsep-Konsep IPS di Jenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi

30 December 2012 Leave a comment Go to comments

Pendidikan IPS merupakan kajian terpadu yang terkoordinasi dan sistematis atas beberapa disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora seperti antropologi, arkeologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi, serta materi yang sesuai dari humaniora, matematika, dan ilmu pengetahuan alam.  Di jenjang persekolahan, pendidikan IPS, sesuai Kurikulum KTSP 2006 mencakup sejarah, geografi, dan ekonomi, serta sosiologi dan antropologi (untuk tingkat SMA).  Untuk tingkat perguruan tinggi, ditambah dengan ilmu politik.  Konsep-konsep ilmu sosial yang diadopsi di jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi untuk menganalisis fakta, peristiwa yang berkaitan dengan perilaku manusia masa kini, masa lalu agar dapat dimaknai dalam mengantisipasi masa mendatang, dapat disajikan sebagai berikut:

Tabel
Konsep-Konsep IPS di Jenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi

SEJARAH GEOGRAFI ANTROPOLOGI
  • Perubahan
  • Peristiwa
  • Sebab Akibat
  • Nasionalisme
  • Kemerdekaan
  • Kolonialisme
  • Revolusi
  • Fasisme
  • Komunisme
  • Peradaban
  • Perbudakan
  • Waktu
  • Feminisme
  • Emansipasi
  • Liberalisme
  • Tempat
  • Kependudukan
  • Iklim
  • Kelautan
  • Lingkungan Hidup
  • Permukaan Bumi
  • Urbanisasi
  • Peta
  • Perkotaan/Pedesaan
  • Mortalitas
  • Demografi
  • Transmigrasi
  • Kewilayahan
  • Spasial
  • Kebudayaan
  • Evolusi
  • Situs
  • Enkulturasi
  • Difusi
  • Akulturasi
  • Etnologi
  • Tradisi
  • Stereotip
  • Kekerabatan
  • Magis/Tabu
POLITIK SOSIOLOGI EKONOMI
  • Kekuasaan
  • Kedaulatan
  • Kontrol Sosial
  • Negara dan Bangsa
  • Pemerintahan
  • Sistem Pemerintahan
  • Legitimasi
  • Sistem Politik
  • Demokrasi
  • Partai politik dan Pemilu
  • Hak Asasi Manusia
  • Masyarakat
  • Peran
  • Norma
  • Sanksi
  • Interaksi sosial
  • Perubahan sosial
  • Permasalahan sosial
  • Penyimpangan
  • Globalisasi
  • Patronase
  • Komunikasi sosial
  • Kelangkaan
  • Produksi
  • Konsumsi
  • Investasi
  • Pasar
  • Uang
  • Perbankan
  • Kewirausahaan

Diadaptasi dari NCSS (2010), KTSP (2006), Supardan (2011).

Tampak pada tabel di atas bahwa fokus utama dari konsep-konsep IPS adalah kehidupan manusia yang terdiri atas beberapa aspek yang sangat kompleks.  Berdasarkan kehidupan manusia, aspek-aspek tersebut dapat diketegorikan berdasarkan ruang (alami dan non-alami), waktu (masa lalu, masa kini, dan masa depan), dan nilai atau norma yang harus dipatuhi sebagai warga masyarakat dan warga negara.  Aspek-aspek tersebut memerlukan adanya pengalaman, pengetahuan, keterampilan, sikap, kreativitas, penggunaan teknologi, dan adaptasi terhadap budaya yang berlaku, dengan tetap mematuhi kaidah, nilai, dan norma yang ada dalam masyarakat.  Melalui pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pengalaman serta wawasan keilmuan, yang pada gilirannya dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari di lingkungannya dengan penuh komitmen dan tanggung jawab.  Melalui pengalaman manusia di masa lalu, peserta didik dapat memahami fakta dan peristiwa masa kini, dan dapat mengembangkan diri untuk mengantisipasi dan memprediksi pengalaman untuk masa mendatang yang lebih baik.



[::mar::]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: